Rabu, 21 Februari 2018

Program Pendidikan dan Struktur Kurikulum

A. Kualifikasi Kompetensi Keluaran yang Diharapkan

Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Agama islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat merupakan suatu keniscayaan karena beberapa alasan. Alasan pertama adalah tuntutan dari Organisasi Muhammadiyah Sumatera Barat dalam rangka meningkatkan amal usaha Muhammadiyah Sumatera Barat. Kedua, obsesi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat untuk dapat melahirkan Magister di bidang Pendidikan Agama islam yang handal dan memiliki keahlian dan keterampilan yang memadai. Ketiga, tuntutan para alumni untuk melanjutkan bidang studi mereka ke jenjang S2.
Selain itu, penyelenggaraan Program Pendidikan Agama Islam dimaksudkan sebagai jawaban konkret dan antisipasi responsif terhadap trend perkembangan politik Islamisasi dan pendidikan Islam di Indonesia,   lulusan Program Studi Pendidikan Agama islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat diharapkan memiliki beberapa excellence dan keunggulan kompetitif dan komparatif.

 
B. Kurikulum

Untuk mencapai target hasil pembelajaran di atas, maka model kurikulum harus disusun berdasarkan rumpun ranah dan arah khusus yang sesuai dengan profil alumni  Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang diharapkan. Kurikulum tersebut dibingkai dalam tiga kerangka umum mata kuliah berikut yaitu (1) Mata Kuliah Pokok Wajib, (2) Mata Kuliah Wajib Konsentrasi, (3) Karya Ilmiah (Tesis).

Hasil kompetensi yang diharapkan dengan kurikulum di atas pada setiap tahapan kemampuan hasil pendidikan adalah sebagai berikut;
    1) Kemampuan Tahapan Tahun Pertama (Semester I dan II);

  1. Mengelaborasi keilmuan dan mengasah keterampilan di bidang Islamic studies, dengan pengembangan berbasis kajian pada bidang  hukum Islam dan kaitannya dengan dinamika perubahan sosial.
  2. Menunjukkan sikap (1) simpati, (2) empati dan (3) semangat akademik.
  3. Menerapkan etika akademik.
  4. Menerapkan prinsip dasar hukum dan pendidikan keislaman
  5. Menerapkan etika agama Islam.
  6. Menjelaskan anatomi hukum Islam dan pendidikan Islam dalam pola kerjanya sebagai sebuah sistem.
  7. Menjelaskan tata dan sistem hukum Islam dan pola pendidikan islam diera globalisasi dan dinamisasinya di Indonesia serta dunia Islam.
  8. Menjelaskan kondisi obyektif hukum dan pelaksanaan pendidikan Islam  di Indonesia.
  9. Menjelaskan fungsi hukum Islam dan pendidikan Islam dalam tata kehidupan bernegara dan bermasyarakat.
     Metode pembelajaran yang digunakan;
    (1) Problem based learning (PBL)
    (2) Metode seminar class
    (3) Metode pengajaran afektif-aktif
    (4) Tugas mandiri kelompok.
 
    2)Kemampuan Tahapan Tahun Kedua (Semester III dan IV);.
  1. Menjelaskan berbagai permasalahan hukum Islam dan permasalahan pelaksanaan pendidikan Islam dewasa ini   yang terjadi pada   masyarakat dengan kajian yang lebih spesifik.
  2. Menjelaskan prosedur penyelesaian kasus bidang hukum Islam dalam bentuk litigasi dan rekonsiliasi, prosedur pendidikan Islam yang benar sesuai dengan tuntunan dan arah pendidikan Islam
  3. Memberikan alternatif pilihan hukum secara eklektik dalam kasus penyelesaian sengketa hukum perspektif Islam. Dalam pendidikan Islam, memberikan pilihan yang bijak dalam menetapkan pola pendidikan Islam yang benar tanpa melepaskan pendidikan yang berbasis  teknologi
  4. Menjelaskan prosedur dan mekanisme legislasi hukum Islam dan pendidikan Islam  di Indonesia.
  5. Menjelaskan konteks filosofis, yuridis dan sosiologis hukum Islam dan pendidikan Islam.
  6. Menerapkan kompetensi keilmuan dan etika religius di bidang hukum Islam dan pendidikan Islam .
  7. Menerapkan prinsip-prinsip dasar hukum Islam terhadap permasalahan hukum yang spesifik, begitu juga dalam pendidikan Islam diharapkan bisa menerapkan prinsip dasar pendidkan Islam terhadap permasalahan dan dinamika  pendidikan Islam di Indonesia
     Metode pembelajaran yang digunakan;
    (1) Problem based learning (PBL)
    (2) Metode seminar class
    (3) Tugas mandiri-kelompok  yang berbasis problem hukum aktual
    (4) Kuliah kerja kelompok.        

Rancangan kurikulum Program Studi Pendidikan Agama islam konsentrasi Hukum Islam dan pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (mengacu pada basis kompetensi yang diharapkan di atas) didasarkan pada beberapa acuan normatif; pertama Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, dan kedua, Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI  Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.
  1. Dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional tersebut dan disesuaikan dengan tujuan penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Agama islam konsentrasi Hukum Islam dan pendidikan Islam  Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, maka disusun kurikulum Program Studi Imu Agama Islam dengan 2 kelompok mata Kuliah, yaitu:
    1. Kelompok Mata Kuliah Pokok Wajib (MKPW)
    2. Kelompok Mata Kuliah Pokok Konsentrasi (MKWK)
    3. Kelompok Mata Kuliah Metodologi (MKM)
    4. Kelompok Mata Kuliah Remedial (MKR)
  2. Jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) Program Pendidikan Agama islam  ini berkisar 40 SKS. Durasi studi 4-8 semester dengan struktur kurikulum dan jumlah SKS dikelompokkan sebagai berikut:
  
STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM MAGISTER (S2)
PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT
TAHUN AKADEMIK 2015/2016
               
               
NO Mata Kuliah       SKS Semester Ket
I II III
I Mata Kuliah Pokok Wajib (MKPW)          
  1 Ulumul Qur'an I 2 SKS      
  2 Metode Tafsir Tematik 2 SKS      
  3 Ulumul Hadits I 2 SKS      
  4 Takhrij Hadist 2 SKS      
  5 Sejarah Pemikiran Dalam Islam 2 SKS      
  6 Sejarah dan Peradaban Islam 2 SKS      
  Jumlah 12SKS        
II Mata Kuliah Pokok Pilihan Konsentrasi (MKPPK)    
  Program Studi Pendidikan Agama Islam          
  1 Sejarah Pendidikan Islam 2 SKS      
  2 Filsafat Pendidikan Islam 2 SKS      
  3 Menajemen Pendidikan Islam 2 SKS      
  4 Teknologi Pendidikan Islam 2 SKS      
  5 Perbandingan Pendidikan Islam 2 SKS      
  6 Manajemen Pengembangan SDM 2SKS      
  7 Pendidikan Islam Kontemporer 2 SKS      
  8 Pengembangan Kurikulum Pendidikan 2 SKS      
  9 Bimbingan dan Konseling 2 SKS      
  10 Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran 2 SKS      
  11 Psikologi Pendidikan 2 SKS      
  Jumlah 22 SKS        
III Mata Kuliah Metodologi (MKM)          
  1 Filsafat Ilmu -SKS      
  2 Metodologi Penelitian Pendidikan  -SKS      
IV Mata Kuliah Remedial (MKR)          
  1 Bahasa Arab -SKS      
  2 Bahasa Inggris -SKS      
V Tugas Akhir          
  1 Tesis 6 SKS    


Info