Sabtu, 21 Oktober 2017

Program Pendidikan dan Struktur Kurikulum

A. Kualifikasi Kompetensi Keluaran yang Diharapkan

Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Agama Islam Konsentrasi Hukum Islam Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat merupakan suatu keniscayaan karena beberapa alasan. Alasan pertama adalah tuntutan dari Organisasi Muhammadiyah Sumatera Barat dalam rangka meningkatkan amal usaha Muhammadiyah Sumatera Barat. Kedua, obsesi Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat untuk dapat melahirkan Magister di bidang hukum Islam dan pendidikan islam yang handal dan memiliki keahlian dan keterampilan yang memadai. Ketiga, tuntutan para alumni untuk melanjutkan bidang studi mereka ke jenjang S2.

Selain itu, penyelenggaraan Program Studi Ilmu Agama Islam konsentrasi  hukum Islam dan pendidikan Islam dimaksudkan sebagai jawaban konkret dan antisipasi responsif terhadap trend perkembangan politik Islamisasi dan pendidikan Islam di Indonesia,   lulusan Program Studi Hukum Islam dan Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat diharapkan memiliki beberapa excellence dan keunggulan kompetitif dan komparatif.

 

B. Kurikulum

Untuk mencapai target hasil pembelajaran di atas, maka model kurikulum harus disusun berdasarkan rumpun ranah dan arah khusus yang sesuai dengan profil alumni Program Studi Syari’ah (Hukum Islam) dan Program Studi Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang diharapkan. Kurikulum tersebut dibingkai dalam tiga kerangka umum mata kuliah berikut yaitu (1) Mata Kuliah Pokok Wajib, (2) Mata Kuliah Wajib Konsentrasi, (3) Karya Ilmiah (Tesis).

Hasil kompetensi yang diharapkan dengan kurikulum di atas pada setiap tahapan kemampuan hasil pendidikan adalah sebagai berikut;

  1. Kemampuan Tahapan Tahun Pertama (Semester I dan II);

    a) Mengelaborasi keilmuan dan mengasah keterampilan di bidang Islamic studies, dengan pengembangan       berbasis kajian pada bidang hukum Islam dan kaitannya dengan dinamika perubahan sosial.

    b) Menunjukkan sikap (1) simpati, (2) empati dan (3) semangat akademik.

    c) Menerapkan etika akademik.

    d) Menerapkan prinsip dasar hukum dan pendidikan keislaman

    e) Menerapkan etika agama Islam.

    f)  Menjelaskan anatomi hukum Islam dan pendidikan Islam dalam pola kerjanya sebagai sebuah sistem.

    g) Menjelaskan tata dan sistem hukum Islam dan pola pendidikan islam diera globalisasi dan dinamisasinya     di Indonesia serta dunia Islam.

    i)  Menjelaskan kondisi obyektif hukum dan pelaksanaan pendidikan Islam  di Indonesia.

    j)  Menjelaskan fungsi hukum Islam dan pendidikan Islam dalam tata kehidupan bernegara dan    bermasyarakat.

    Metode pembelajaran yang digunakan;

    (1) Problem based learning (PBL)

    (2) Metode seminar class

    (3) Metode pengajaran afektif-aktif

    (4) Tugas mandiri kelompok.

  2. Kemampuan Tahapan Tahun Kedua (Semester III dan IV);.

a)  Menjelaskan berbagai permasalahan hukum Islam dan permasalahan pelaksanaan pendidikan Islam      dewasa ini   yang terjadi pada   masyarakat dengan kajian yang lebih spesifik.

b)  Menjelaskan prosedur penyelesaian kasus bidang hukum Islam dalam bentuk litigasi dan rekonsiliasi,      prosedur pendidikan Islam yang benar sesuai dengan tuntunan dan arah pendidikan Islam

c) Memberikan alternatif pilihan hukum secara eklektik dalam kasus penyelesaian sengketa hukum           perspektif Islam. Dalam pendidikan Islam, memberikan pilihan yang bijak dalam menetapkan pola    pendidikan Islam yang benar tanpa melepaskan pendidikan yang berbasis  teknologi

d) Menjelaskan prosedur dan mekanisme legislasi hukum Islam dan pendidikan Islam  di Indonesia.

e) Menjelaskan konteks filosofis, yuridis dan sosiologis hukum Islam dan pendidikan Islam.

f)  Menerapkan kompetensi keilmuan dan etika religius di bidang hukum Islam dan pendidikan Islam .

g) Menerapkan prinsip-prinsip dasar hukum Islam terhadap permasalahan hukum yang spesifik, begitu   juga dalam pendidikan Islam diharapkan bisa menerapkan prinsip dasar pendidkan Islam terhadap permasalahan dan dinamika  pendidikan Islam di Indonesia

Metode pembelajaran yang digunakan;

(1) Problem based learning (PBL)

(2) Metode seminar class

(3) Tugas mandiri-kelompok  yang berbasis problem hukum aktual

(4) Kuliah kerja kelompok.        

Rancangan kurikulum Program Studi Ilmu Agama Islam konsentrasi Hukum Islam dan pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (mengacu pada basis kompetensi yang diharapkan di atas) didasarkan pada beberapa acuan normatif; pertama Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, dan kedua, Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI  Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.

  1. Dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional tersebut dan disesuaikan dengan tujuan penyelenggaraan Program Studi Syari’ah (Hukum Islam)dan pendidikan Islam  Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, maka disusun kurikulum  Program Studi Ilmu Agama Islam konsentrasi hukum Islam dan pendidikan Islam dengan 2 kelompok mata Kuliah, yaitu:
    1. Kelompok Mata Kuliah Pokok Wajib (MKPW)
    2. Kelompok Mata Kuliah Pokok Konsentrasi (MKWK)
    3. Kelompok Mata Kuliah Metodologi (MKM)
    4. Kelompok Mata Kuliah Remedial (MKR)
  2. Jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) Program Studi Program Studi Ilmu Agama Islam konsentrasi hukum Islam dan pendidikan Islam  ini berkisar 40 SKS.  Durasi studi 4-8 semester dengan struktur kurikulum dan jumlah SKS dikelompokkan sebagai berikut:

 

STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM MAGISTER (S2)

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT

TAHUN AKADEMIK 2015/2016

NO

Mata Kuliah

SKS

Semester

Ket

I

II

III

I

Mata Kuliah Pokok Wajib (MKPW)

 

 

 

 

 

 

1

Ulumul Qur'an I

2 SKS

 

 

 

 

2

Metode Tafsir Tematik

2 SKS

 

 

 

 

3

Ulumul Hadits I

2 SKS

 

 

 

 

4

Takhrij Hadits

2 SKS

 

 

 

 

5

Sejarah Pemikiran Dalam Islam

2 SKS

 

 

 

 

6

Sejarah dan Peradaban Islam

2 SKS

 

 

 

 

Jumlah

12SKS

 

 

 

 

II

Mata Kuliah Pokok Pilihan Konsentrasi (MKPPK)

 

 

 

A. Konsentrasi Syari'ah

 

 

 

 

 

 

1

Sejarah Hukum dan Peradilan Islam

2 SKS

 

 

 

 

2

Sosiologi Hukum

2 SKS

 

 

 

 

3

Atsar al-Ikhtilaf fi Ushul Fiqh

2 SKS

 

 

 

 

4

Fiqh Siyasah / Politik Hukum

2 SKS

 

 

 

 

5

Filsafat Hukum / Filsafat Hukum Islam

2 SKS

 

 

 

 

6

Manahij al-Ushuliyyin

2 SKS

 

 

 

 

7

Ushul Fiqh

2 SKS

 

 

 

 

8

Fiqh Kontemporer

2 SKS

 

 

 

 

9

Kebijaksanaan Zakat dan Wakaf di Indonesia

2 SKS

   

 

 
 

10

Hukum Perbankan Syariah

2 SKS

   

 
 

11

Perkembangan Hukun Islam di Indonesia

2 SKS

   

 
 

12

Perkembangan Modern Hukum islam

2 SKS

 

   

 

Jumlah

24 SKS

 

 

 

 

 

B. Konsentrasi Pendidikan Islam

 

 

 

 

 

 

1

Sejarah Pendidikan Islam

2 SKS

 

 

 

 

2

Filsafat Pendidikan Islam

2 SKS

 

 

 

 

3

Menajemen Pendidikan Islam

2 SKS

 

 

 

 

4

Teknologi Pendidikan Islam

2 SKS

 

 

 

 

5

Perbandingan Pendidikan Islam

2 SKS

 

 

 

 

6

Manajemen Pengembangan SDM

2 SKS

 

 

 

 

7

Pendidikan Islam Kontemporer

2 SKS

 

 

 

 

8

Pengembangan Kurikulum Pendidikan

2 SKS

 

 

 

 

9

Bimbingan dan Konseling

2 SKS

 

 

 

 

10

Psikologi Pendidikan

2 SKS

 

 

 

 

11

Supervisi Pendidikan

2 SKS

     
 

12

Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran

2 SKS

 

   

 

Jumlah

24 SKS

 

 

 

 

III

Mata Kuliah Metodologi (MKM)

 

 

 

 

 

 

1

Filsafat Ilmu

-SKS

 

 

 

 

2

Metodologi Penelitian Hukum

-SKS

√ 

 

 

 

 

3

Metodologi Penelitian Pendidikan 

-SKS

√ 

 

 

 

IV

Mata Kuliah Remedial (MKR)

 

 

 

 

 

 

1

Bahasa Arab

-SKS

 

 

 

 

2

Bahasa Inggris

-SKS

 

 

 

V

Tugas Akhir

 

 

 

 

 

 

1

Tesis

6 SKS

 

 



Info