Rabu, 13 Desember 2017

Akuntabilitas Program Studi

Akuntabilitas Program Studi

    Sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap publik dan pemerintah, program studi ini akan melaporkan perkembangan program studi setiap semester sesuai dengan Keputusan Mendiknas No. 184/U/2001 tentang Pedoman Pengawasan Pengendalian dan Pembinaan Program Diploma, Sarjana, dan Program Pascasarjana di Perguruan Tinggi tanggal 23 November 2001 dan beberapa petunjuk teknis dari Dirjen Pendidikan Tinggi serta melakukan Akreditasi sebagaimana ditetapkan berdasarkan SK. Mendiknas No. 004/U/2002 tentang Akreditasi Program Studi pada Perguruan Tinggi.

 

  • Proses Perkuliahan

    PPs UMSB bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memahami Islam secara komprehensif dengan pemahaman yang mendalam, luas, kritis, ilmiah, histories, dan rasional, serta tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta akibat yang ditimbulkannya, serta mengahsilkan tenaga pendidik yang berkualitas, terampil, dan professional di bidangnya.

Perkuliahan yang telah dilaksanakan selama dua semester (ganjil dan genap) sejak tahun akademik 2002/2003 telah dapat berjalan dengan baik hingga tahun akademik 2015/2016. Perkuliahan dengan jumlah tatap muka dilaksanakan minimal 16 kali pertemuan. Kehadiran dosen dan mahasiswa senantiasa dipantau oleh sekretariat PPs UMSB.

Pada semester ganjil, tingkat kehadiran dosen secara rata-rata mencapai 90%, sedangkan tingkat kehadiran mahasiswa secara rata-rata mencapai 85%. Pada semester genap, tingkat kehadiran dosen secara rata-rata mencapai 95%, sedangkan tingkat kehadiran mahasiwa secra rata-rata mencapai 92%. Meskipun diantara dosen ada yang berhalangan dalam beberapa kali tatap muka, tetapi tetap diusahakan untuk menyediakan waktu pengganti atau diganti dengan dosen yang bersedia mengggantikan dosen yang berhalangan tersebut sehingga untuk tatap muka tetap dapat dilaksnakan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

  1. Waktu perkuliahan

Mahasiswa peserta Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat pada umumnya mereka yang sudah bekerja sebagai PNS dari berbagai instansi seperti hakim, dosen, dan guru serta pegawai biasa, maka jadwal perkuliahan disusun sedemikan rupa, agar jadwal yang telah ditetapkan tidak mengganggu pekerjaan masing-masing mahasiswa. Untuk itu waktu perkuliahan dilaksanakan setiap hari Jum’at dan Sabtu

 

  • SEMINAR PROPOSAL

Bagi Mahasiswa PPs UMSB yang akan menulis tesis untuk menyelesaikan studinya, diharuskan untuk membuat proposal tesis.

Proposal tesis mahasiswa tersebut diarahkan oleh dosen mata kuliah metodologi penelitian pada masing-masing konsentrasi. Proposal yang telah diarahkan oleh pada masa kuliah metodologi terebut, selanjutnya diajukan ke sekretariat untuk diseminarkan setelah mendapat persetujuan dari sekretaris Direktur.

Pelaksanaan seminar dilaksanakan pada setiap waktu tanpa adanya penetapan waktu seminar, hal ini dilaksanakan untuk memacu supaya mahasiswa cepat dalam proses penyelesaian tesis.



Info