Rabu, 13 Desember 2017

Tata Tertib Peserta

Status Peserta

          Selama mengikuti Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat seluruh peserta mempunyai status yang sama sebagai mahasiswa tanpa terikat dengan pangkat/ golongan, jabatan, dan status sosial lainnya.

  1. Pendaftaran dan Pemilihan Mata Kuliah
    1. Peserta diharuskan mendaftarkan diri/ mendaftar ulang pada sekretariat PPs UMSB pada waktu yang telah ditentukan dengan melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan.
    2. Pemilihan mata kuliah dilaksanakan pada setiap awal semester. Mata kuliah yang dipilih disesuaikan dengan konsentrasi studi yang didalami.
  2. Kewajiban Peserta
    1. Peserta diwajibkan mematuhi seluruh peraturan dan tata tertib yang telah ditetapkan dan memelihara nama baik almamater, agama dan bangsa.
    2. Peserta wajib mengikuti seluruh kegiatan akademik yang dilaksanakan dalam bentuk taatp muka, seminar, tutorial, penugasan dan kegiatan lain yang ditetapkan oleh dosen pembimbing dan/ atau Direktur.
    3. Peserta wajib menandatangani daftar hadir perkuliahan dan kegiatan lain yang disediakan untuk itu, dan penan-datanganan dilakukan pada awal perkuliahan/ kegiatan.
    4. Peserta wajib hadir di ruangan seminar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, paling lambat 5 menit sebelum perkuliahan dimulai.
    5. Peserta yang meninggalkan perkuliahan membuat surat secara tertulis dan ditujukan kepada Direktur PPs dengan disertai alasan yang rasional. Izin meninggalkan perkuliahan hanya bersifat pemberitahuan tidak dapat hadir, sedangkan dalam penghitungan absensi tetap dianggap tidak hadir.
    6. Peserta diharuskan mnegikuti seluruh perkuliahan pada tiap-tiap mata kuliah, mahasiswa yang kurang kehadirannya dari 75% (dari kehadiran dosen pembimbing), tidak diperkenankan mengikuti ujian akhir semester.
    7. Makalah untuk diseminarkan harus diserahkan kepada dosen pembimbing paling lambat 2 (dua) hari sebelum seminar dilangsungkan.
    8. Makalah seminar dibagikan kepada seluruh peserta mata kuliah bersangkutan dan satu rangkap disampaikan ke sekretariat PPs setelah perkuliahan dan diperbaiki.

B.    Pakaian dan Pergaulan

         1.   Para peserta harus berpakaian dan berpenampilan rapi, baik dalam mengikuti perkuliahan, diperpustakaan maupun dalam berurusan dengan sekretariat PPs. Tidak diperkenankan memakai kaos, celana jeans/levis dan sandal. Peserta wanita harus berbusana muslimah dan tidak diperkenankan memakai perhiasan dan make up yang berlebihan.

         2.   Peserta harus senantiasa menjunjung tinggi niali dan norma agama, adat dan susila dalam pergaulan sehari-hari, baik di dalam maupun di luar kampus.

 

C.    Sanksi Terhadap Pelanggaran Tata Tertib

       Mahasiswa yang tidak mengindahkan dan mematuhi tata tertub ini dapat dikenai

sanksi sebagai berikut :

  • Pertama, Teguran lisan ;
  • Kedua, Peringatan tertulis ;
  • Ketiga, Skorsing ;
  • Keempat, Diusulkan untuk diberhentikan.


Info